PELATIHAN WORKSHOP 3D MODELLING (Software 3DsMAX)

WORKSHOP 3D MODELLING (Software 3DsMAX)

Assalamualaikum Wr.Wb

Pengenalan dan Pemahaman Tentang 3DsMAX.

Program Studi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) memperkenalkan Software 3DsMAX yang terdapat pada mata kuliah Digitalisasi Arsitektur (Pemodelan Digital). Pada semester Ganjil (7) di Tahun Ajaran 2019/2020.  Dimana mata kuliah ini berfokus pada pengenalan perangkat lunak (software) yang menjadi keahlian pendukung mahasiswa saat menyelesaikan rangkaian gambar kerja untuk sebuah proyek Arsitektur, khususnya yang membutuhkan output 3 dimensi, khususnya dalam perkenalan software 3DsMAX.

Sotware 3DsMAX adalah sebuah pemodelan  3 Dimensi yang kuat dan Solusi animasi yang digunakan oleh pengembang game, seniman efek visual dan desain grafis untuk menciptakan dunia yang massif, pemandangan yang memukau dan pengalaman Virtual Reality (VR) yang menarik (autodesk,2019).

Adapun dalam perkenalan software 3DsMAX diadakan pelatihan (workshop) secara kilat dalam waktu 1 hari kepada seluruh peserta mahasiswa tersebut (Pemodelan Digital) khususnya pada software 3DsMAX. Dengan harapan para mahasiswa mampu memahami langkah - langkah dasar dalam menggunakan fitur – fitur yang ada pada software 3DsMAX untuk selanjutnya dikembangkan oleh masing – masing individu menjadi keluaran 3 Dimensi (3DsMAX) yang berkualitas tinggi.

    Untuk pelaksanaan Workshop 3DsMAX pada mata kuliah Pemodelan Digital dilaksanakan pada tanggal 23 dan 30 November 2019 di Laboratorium Komputer Prodi Arsitektur UMJ dengan Instruktur Alumni dari Prodi Arsitektur yaitu Husniarsyah, S.Ars. Beliau memiliki Kompetensi dalam penguasaan software 3DsMAX dan telah berpengalaman menjadi instruktur di beberapa institusi pendidikan, seperti ; UI, UMN dan lainnya . Peserta mata kuliah Pemodelan Digital dalam pelatihan workshop dibagi menjadi 2 hari mengingat peserta berjumlah 45 orang. Untuk hari pertama mengakomodasi 20 peserta dan untuk hari kedua mengakomodasi 25 orang.

Dalam pelatihan Workshop 3DsMAX ada 2 hal materi yang disampaikan dalam pelatihan ini.

Diantaranya ;

-           Pengenalan Fitur dasar/basic

-          Teknik Pengembangan.

Pada bagian pengenalan fitur dasar, mahasiswa diberi pengetahuan mengenai tahapan dalam mendesain 3 dimensi menggunakan 3DsMAX yaitu ; Tahap Modelling, Penambahan Material, Mengunduh Aset / Fitur Pendukung Desain dan yang terakhir adalah Rendering.

Dalam mempermudah koordinasi dan pelaksanaan workshop antara Instruktur dengan para peserta, maka dibuatlah Classroom sebagai wadah dalam membagikan materi utama, materi pendukung dan tugas bagi peserta workshop, fungsinya adalah mempermudah pelatihan Workshop,


Wassalamualaikum Wr.Wb

                                                                                                                                                                        -Terima Kasih-

Arsitektur

  • Alamat: Jl. Cempaka Putih2 Tengah No.27, Jakarta

  • Telepon: (021) 425 6024

  • Email: info@ftumj.ac.id

Follow Us