WORKSHOP SKETSA (Menggunakan Teknik Cat Air)

WORKSHOP SKETSA  

Assalamualaikum Wr. Wb.

Program Studi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Jakarta mengadakan pelaksanaan kegiatan Workshop Sketsa - Menggunakan Teknik Cat Air, yang dilaksanakan pada Hari Sabtu  22 Juni 2019 di Ruang Aula FT-UMJ.  Yaitu Workshop sketsa dengan menggunakan Teknik Cat Air ini bertujuan untuk mengajarkan dasar – dasar yang harus dikuasai seseorang sejak awal penggambaran, pemberian warna akhir dan penambahan efek gambar. Kegiatan Workshop ini diikuti oleh peserta mahasiswa yang sedang mengambil Mata Kuliah Menggambar Arsitektur dilingkungan Kampus FT-UMJ.

Instuktur Tunggal dan pemberi materi pengantar dalam Kegiatan Workshop Sketsa ini yaitu saudara Nur Fitra Hadianto, S.T., M.T. Beliau adalah lulusan Prodi S1 Arsitektur UPI dan lulusan S2 Arsitektur ITB Bandung yang memiliki kemampuan sketsa sangat baikAdapun pak Nur Fitra Hadianto dalam memberikan materi dasar menggambar dengan menggunakan Teknik Cat Air dibagi dalam 4 tahapan.Adapun tahapan – tahapan adalah sebagai berikut :

1.  -    Tahapan dasar yang pertama adalah Outlining atau dikenal dengan teknik              menggambar  garis utama atau garis penjelas bentuk objek gambar. Yaitu                   memberikan acuan pewarnaan dan pemberian bayangan sebagai efek yang dapat           membuat objek gambar terlihat lebih ‘hidup’ atau mirip dengan aslinya.

2.  -    Tahapan dasar kedua adalah shading  atau pemberian bayangan pada objek gambar.    Bayangan yang ditambahkan harus disesuaikan dengan arah penyinaran yang     ditentukan oleh orang yang sedang menggambar.  Misalnya saja seseorang yang         menentukan arah sinar dari sebelah kanan atas kertas gambar

3.     -     Tahapan ketiga dalam langkah pewarnaan dengan cat air adalah pemberian warna         dasar objek gambar dan foreground / latar depan. Setelah pemberian bayangan,       maka objek gambar harus segera diberi warna lain yang dominan pada objek            aslinya dan juga wara elemen pendukung lainnya yang ada di sekitar objek gambar.

4.     -     Langkah keempat atau terakhir adalah teknik finalisasi. Hal ini sangat bergantung         pada konsep seseorang. Apabila ia ingin gambarnya semirip dengan objek aslinya,         maka ia harus memberi tambahan elemen-elemen lain yang dapat menambahkan             kemiripan tersebut.

Demikialah beberapa tahapan yang harus dikuasai para mahasiswa sebagai dasar menggambar Sketsa dengan menggunakan Teknik Cat Air. Karena mahasiswa Arsitektur tidak terlepas dari namanya Menggambar Sketsa. Baik itu dengan menggunakan Teknik Cat Air maupun Sketsa dengan menggunakan pensil warna maupun media lainnya agar terkesan gambar sketsa itu sendiri lebih indah dan berwarna.

Pelaksanaan Kegiatan Workshop SKETSA ini dimulai pada pukul 09.00 s/d selesai dan dimulai dengan sambutan dari Kepala Laboratorium Prodi Arsitektur UMJ yaitu Ibu Anggana Fitri Satwikasari, S.T., M.T. dan di tutup dengan penyerahan Sertifikat  dan kenang – kenangan untuk Bapak Nur Fitra selaku Instruktur dari Prodi Arsitektur UMJ yang diwakili oleh sekretaris Jurusan Arsitektur UMJ Ibu Annisa, S.T., M.T. dan dilanjutkan dengan foto bersama para dosen, Instruktur Workshop dan seluruh peserta Workshop.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

                                                                                                         -Terima Kasih-  

Link Download File : workshop-sketsa-_19-08-20.pdf

Arsitektur

  • Alamat: Jl. Cempaka Putih2 Tengah No.27, Jakarta

  • Telepon: (021) 425 6024

  • Email: info@ftumj.ac.id

Follow Us